Mempersiapkan Wisata Gunung Bromo Dengan Lebih Mudah Dan Hemat

Mempersiapkan Wisata Gunung Bromo Dengan Lebih Mudah Dan Hemat

Masih inget tentang perjalanan gue ke malang beberapa waktu lalu. Yah kayaknya gue jatuh cinta sama Kota Malang karena suasananya yang ramah, jajanannya yang murah, dan yang gue paling suka itu adalah udaranya yang adem kayak ubin mesjid. Sayang banget gue kemaren kurang mengeksplorasi wisata disana, dan gue pengen banget balik lagi dan emang rencana mau mengunjungi wisata alam yang ada di Malang, wisata gunung bromo ataupun mengunjungi lokasi wisata di sekitarnya, tapi kali ini kayaknya pergi sama temen rame-rame lebih seru nih.

Di postingan gue sebelumnya, gue udah menulis keluh kesah mengenai perjalanan gue ke beberapa lokasi wisata di Malang. Alhamdulilah gue dikasih kesempatan untuk mengunjungi Museum Angkut yang emang pengen banget gue kunjungin waktu itu, saking pengennya gue sampe kebawa mimpi, mengingau tiap malam, trus sampe kebangun gara-gara bantal gue basah karena iler. Oke yang terakhir itu emang bukan karena pengen ke museum angkut. 

Mobil klasik di museum angkut

Selain ke Museum angkut, gue juga sempat mengunjungi Batu night spectacular karena emang gue juga waktu itu punya rencana untuk foto-foto bertema lampu neon yang ada di kawasan Batu Night Spectacular. Untuk destinasi di kota Malang selanjutnya gue mengunjungi Jatim Park 2 karena gue penasaran tiap baca review yang udah ke jatim park 2, katanya hewannya unik-unik dan emang bener sesuai dengan ekspektasi gue saat gue kesana. 

Pintu masuk batu night spectacular 2
Jatim Park 2 Batu Secret Zoo

Kunjungan terakhir gue ke Malang, gue emang udah rencanakan untuk balik lagi, tapi untuk mengunjungi aneka wisata alamnya. Dan gara-gara di Instagram gue akhir-akhir ini muncul foto cakepnya panorama gunung Bromo, maka dari itu gue HARUS kesana untuk liat secara langsung keindahannya dengan mata gue sendiri. Ya emang, gue yang norak ini belum pernah sama sekali menghirup oksigen di Bromo kayak apa rasanya, maka dari itu Bromo bakalan jadi bucket list nomer 1 gue. 

Kebiasaan gue kalo udah keracunan sama tempat wisata, gue bakalan browsing foto-foto lokasi tersebut biar gue makin keracunan dan makin pengen ga sabar kesana. Dan ga lupa, gue juga pastinya browsing harga tiket pesawat plus penginapan di sekitar gunung bromo yang terdekat dan murah. Yah namanya browsing harga mah nyari yang paling murah, siapa tau kan harga udah turun, atau mungkin ada promoan. 

Bromo Tengger
Photo by FolkIndonesia (Taken by @spathumpa)

Cuma jujur aja kadang kalo nyari harga tiket pesawat, ngebanding-bandingin harga dan jadwal penerbangan, belom lagi ngecek harga hotel yang murah dan nyaman, trus nyari lokasi hotel yang strategis, kayaknya ribet banget. Jempol gue sampe keram gara-gara browsing sana sini sampai akhirnya gue larikan jempol gue ke tukang urut terdekat. Asli lah, ga efektif banget kalo cari terpisah dan harus satu per satu begini. Belom lagi kalo Sang Nyonyah Ndoro Nyai A.K.A istri kadang suka ribet kalo gue tawarin hotel. 

ah jauh banget hotelnya

ah serem banget hotelnya

ah ga ada atapnya hotelnya” 

“ah kumis satpamnya serem” 

Beruntung pas gue browsing di internet, gue menemukan paket Pesawat + hotel dari traveloka yang simpel dan efektif untuk memudahkan gue mencari jadwal penerbangan, harga tiket pesawat, dan penginapan dalam 1 paket. Wah gue langsung bersemangat buat browsing lebih dalam mencari paket wisata gunung bromo di Traveloka menggunakan paket pesawat + hotel tersebut. 

Browsing Traveloka
Hunting tiket dan hotel murah
Browsing Traveloka 2
Mengajak teman liburan
Ini bukan lagi nawarin MLM yah, ini gue lagi ngeracunin temen buat traveling ke Bromo bareng

Dan yang paling yahud nya nih, kalo lo pesen tiket pesawat + hotel dalam 1 paket di traveloka, lo bakalan dapet harga hemat sampai 20% tanpa harus ribet masukin kode promo apapun gaeeesss. Lumayan banget ini daripada pesan tiket dan hotel terpisah, mending pesen paket pesawat + hotelnya aja dapet harga lebih murah dan anti ribet banget lah pokoknya.

Sebagai contoh nih untuk memenuhi hasrat ingin mengunjungi Bromo, gue coba pesen tiket pesawat dari Jakarta ke Malang PP untuk 2 orang dan booking penginapan di Ubud hotel & cottages Malang untuk 5 hari, di bagian price detail bakalan keliatan kalo gue hemat budget sampai Rp. 560.854. Gila ga tuh? lumayan banget buat kulineran, buat jajan oleh-oleh, ataupun buat bayar tiket masuk wisata. Dan itu baru untuk 2 orang loh, gimana kalo traveling 1 kecamatan atau trip bareng semua mantan-mantan pacar diajakin gathering bareng, bakalan lebih banyak lagi selisih budget yang bisa disimpen.

Paket Wisata ke Bromo Traveloka
Paket pesawat dan hotel Traveloka
Booking di Traveloka

Selain hemat budget, pesen tiket pesawat + hotel di Traveloka jauh lebih mudah dan saving time untuk atur budget perjalanan ataupun bikin itinerary. Ga perlu susah-susah cari tiket pesawat dan hotel secara terpisah dan satu per satu, ribet broh dan bikin jempol keram, mendingan langsung aja cek paket di traveloka biar simpel.

Dan 1 lagi kemudahan yang lo bakalan dapat kalo pesen di Traveloka adalah metode pembayaran yang mudah karena tersedia banyak banget metode pembayaran. Ga perlu lagi bingung untuk bayar via bank ini itu, atau cari yang bisa pake pembayaran credit card dan hal-hal bikin pusing lainnya. Kalo pesen via Traveloka, tinggal bayar pake metode pembayaran yang lo suka, trus packing baju deh untuk siap-siap berangkat.

Jadi kalau bisa nge-hemat budget sampe 20% kenapa harus pilih cara yang lebih mahal dan ribet? mendingan langsung aja dicoba sendiri biar tau betapa mudah dan hematnya kalo pesen tiket pesawat dan hotel secara paket di Traveloka. Atau mungkin udah ada yang pernah coba langsung? gue penasaran nih dengan selisih budget yang lebih hemat 20% itu kalian pake buat apa aja? Share dong di kolom komentar.

16 comments found

  1. Samaan seperti dirimu, mas Ncus …
    Aku juga kangen Malang.
    Rasanya pengin mengeksplore banyak lagi destinasi disana.

    Foto gunung Bromo yang ketiga itu bikin kagum sekaligus begidik lihat kecilnya mobil melintas dibawahnya …, Wow Bangeet !

  2. Sebenernya, Bromo ini sulit dijangkau kalau dari mana-mana. Bandara paling deket ya Malang atau Surabaya (atau Jember). Stasiun Probolinggo juga masih jauh dari Bromo. Apalagi Malang.
    Jadinya strateginya harus mateng, biar nggak kemalemen sampe di Bromo. Syukur-syukur masih ada hotel buka. Lha kalau udah penuh? Kalau ada paket macem gini enak sih jadinya, nggak bingung lagi jadinya.

  3. Nah kan, mumpung bentar lagi akhir tahun, bentar lagi libur super panjaaaaang, bisa bikin itinerary ke Gunung Bromo dan cari-cari tiket murah via Traveloka hehehe.

    “ah ga ada atapnya hotelnya”
    “ah kumis satpamnya serem”

    Huahahah itu bikin ngakak … sumpah! 😀

  4. Waaaaaaa, saya kemarin awal bulan sudah kesampaian untuk ke Bromooooo hehe. 4 hari 3 Malam di Malang cuma kena 1.7 itu pun dibagi dua orang hehe. Mahal di ikut opentrip bromonya doang, sih, 350k per orang, gara-gara kurang info kalau sebenernya bisa-bisa aja naik motor ke sana sampai pasir bersisik. Sisanya, murce parah. Tiket kereta dapet promo, penginapan low budget 230 2 malam wkwkw.

    Terkece memang Bromo :’)

    1. Nah itu dia sebenernya, kalo aku pribadi sih kurang suka sama open trip gitu, jatohnya lebih mahal trus juga kurang flexibel mau ngapa-ngapain nya hehe.. Iya emang aku baca-baca kalo berdua enak sewa motor, lebih murah.. Meskipun kondisi jalan nya yah begitulah hahaha.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.