Jatim Park 2, Keunikan Satwa Yang Jarang Ditemukan Ditempat Lain

Jatim Park 2, Keunikan Satwa Yang Jarang Ditemukan Ditempat Lain

Jatim Park atau Jawa Timur Park kayaknya udah ga asing lagi buat yang tinggal di daerah Jawa Timur kayak Sidoarjo, Surabaya, Malang, dan sekitarnya. Untuk sementara ini, Jatim Park ada 3 macam, dan kebetulan gue lagi berjodoh untuk mengunjungi Jatim Park 2. Sebuah destinasi wisata yang terletak di Jalan Raya Oro-Oro Ombo No. 9, Temas, Kota Batu, Jawa Timur ini terdiri dari 3 area utama, yaitu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park. Jatim Park 2 ini sudah banyak dikunjungi wisatawan dari luar kota atau bahkan luar provinsi (kayak gue contohnya, yang datang dari planet Bekasi). Biaya tiket masuk di Jatim Park dibagi menjadi beberapa paket, ada yang Rp. 150.000 untuk 3 lokasi jatim park 2 (museum satwa, secret zoo, eco garden park). Ada juga paket Jatim Park 2 nya aja (secret zoo sama museum satwa) seharga Rp. 120.000. Saran gue, mending ambil yang paket komplit sekalian seharga 150.000 karena udah bisa kunjungin semua tempat. Dan berhubung tempatnya luas banget, usahakan datang dari pagi biar bisa explore semua lokasinya. Gue pribadi datang jam setengah 10 pagi dan baru keluar jam 5 sore teng karena explore Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park. Jangan lupa bawa minum atau cemilan kalo ga mau beli di dalam, kayaknya sih boleh bawa makanan CMIIW.

Baca juga : Museum Angkut Malang, Museum Untuk Pecinta Mobil Klasik

Dari 3 area utama di kawasan Jatim Park 2, Area pertama yang gue kunjungi adalah Secret Zoo. Konsepnya sih ini kita diajak menyusuri jalan setapak searah menyusuri kebun binatang yang dibagi-bagi zona nya kayak zona primata, akuarium, savanah, reptil, aneka macan, dll. Selain itu disini juga ada berbagai macam wahana bermain anak-anak dan wahana seperti rumah hantu dan water park. Buat yang mau berenang, silahkan bawa perlengkapan renang sendiri yah. First impression gue pas kesana, Batu secret zoo itu lengkap banget hewan nya dan unik-unik. Contohnya kayak unicorn, godzilla, naga nya dragon ball, sama buaya darat. Ga deng bercanda, ini efek kebanyakan nonton TV. Hewan unik yang gue maksud itu contohnya kayak ant eater, belut listrik, kanguru, sampe ada kelinci laut. Iya bener, kelinci laut itu yah kelinci yang biasa lo pada tau, dan kelinci ini cuma duduk diem sambil bengong-bengong aja di dasar air. Gue sempet lama mikir didepan akuarium kelinci laut, “Emang ada yah kelinci laut?? Emang bentuknya kayak begini??” Pikir gue.

Kelinci Laut Jatim Park 2

FAAAKK!!! setelah diperhatiin dengan seksama, ternyata gue ketipu. Ternyata itu trik kaca, kelinci ditaroh di belakang akuarium jadi seakan kelinci nya ada di dalem air. Biji kuda! gue ketipu. Di secret zoo, zona pertama setelah melewati gerbang masuk, aneka macam primata bakalan menyambut lo disini. Masih inget kejadian manusia norak yang menyemburkan vape / rokok elektrik ke seekor monyet yang sempet viral beberapa waktu lalu? ya ini kejadiannya disini. Gue juga vapers, tapi gue ga norak kayak dia yang baru nyobain trus kebanyakan gaya. Jangan diikutin yah. Zona primata ini lumayan seru, monyet nya banyak jenisnya dan ternyata banyak monyet/kera yang cute abeeezz. Disini juga ada Pigmy Marmoset yang merupakan kera terkecil di dunia. Lo suka nonton film Madagascar? naahh disini juga lo bisa meet n greet sama King Julien seperti yang muncul di film Madagascar. All Hail King Julien.

Cukup mengikuti jalan setapak, setelah selesai menyusuri zona primata, pengunjung akan dibawa menuju area selanjutnya yaitu zona reptil. Zona reptil ini tempatnya indoor, dengan aneka macam kotak kaca terrarium yang besar sebagai kandang dari aneka macam reptil seperti aneka ular, gecko, buaya air, dan buaya darat yang berseliweran disana lengkap dengan janji-janji manisnya. Terrarium dibuat menyerupai habitat asli dari masing-masing reptil, diberi dahan pohon lengkap dengan daun-daunan yang kadang malah bikin pengunjung nyari dimana itu reptil. Reptil nya suka main petak umpet, ada yang ngumpet di balik pohon, di pojokan, di balik daun, bahkan ada reptil yang lepas dan nemplok di dinding bagian atas. Eh ternyata itu cicak biasa deng, kirain ada yang lepas. Duhh.

Lanjut ke zona selanjutnya yaitu Akuarium. Awalnya gue pikir akuarium itu biasa aja, paling cuma aneka macam ikan doang, ternyata disini juga ada aneka kepiting dan lobster yang gede dan sayang nya ga bisa di masak karena nanti di omelin security. Di zona akuarium ini ada akuarium yang desainnya agak mencolok karena banyak papan peringatannya. Akuarium eksklusif itu milik Electric Eel atau belut listrik. Pas gue lagi memandang bohay nya belut listrik yang panjang-panjang licin gimanaa gitu, seketika gue kaget dengan suara listrik yang cukup besar. “BZZZZTTTT” cukup sukses bikin gue kaget plus panik jadi reflek mundur menjauhi akuarium Belut Listrik itu. “Wah bahaya amat, ada apa ini?” Pikir gue. dan pas gue liat di bagian bawah akuarium belut, ternyata ada tombol yang dipencet sama bocah kecil sehingga suara listrik keluar jika tombol dipencet. Ngehek gue dikerjain anak bocah, pengen gue jitak pala nya tapi gue takut sama bapaknya yang badannya gede.

Spot Foto di Secret Zoo Jatim Park 2
YEESS GUE BISA KAWIN LAGI!!!

Untuk zona selanjutnya kayak zona macan, sama zona savanah, dll sih buat gue biasa aja. Yah mungkin karena gue udah terlalu capek kali jalan dari pintu masuk, terus juga udah mulai siang jadi perut udah minta diisi jadi mungkin gue ga fokus untuk cari hal-hal unik yang ada di zona tersebut. Nah buat yang lelah jalan menyusuri luasnya kawasan Secret zoo, ditengah area Secret zoo ini ada penyewaan e-bike semacam sepeda listrik roda 4 yang ada keranjangnya didepan dan disewakan per 3 jam dengan harga Rp. 100.000 kalo ga salah. Penyewaan e-bike bisa antar jemput lho, jadi bisa diantar dan diambil di manapun cukup dengan whatsapp contact personnya (bisa tanya petugas aja untuk nomor layanan e-bike) Jadi buat yang ga kuat jalan, atau mungkin lelah tapi masih pengen keliling bisa sewa sepeda listrik itu. Gue mah ga sewa, gue masih kuat jalan. (Padahal mah ngirit duit). Oh ya, ada zona yang didesain seperti di aztec, lengkap sama patung anubis nya. Cukup keren sih, unik. Lumayan buat sejenak foto-foto bentar.

Dekorasi Aztec di Secret Zoo Jatim Park 2
Lagi kerasukan Nefertiti, Jadinya begini deh.
Foto dengan Binturong di Secret Zoo Jatim Park 2
Ini abang sama adek kalo udah ketemu mah susah lepasnya.

Di secret zoo, selain bisa liat aneka macam hewan di kandang mulai dari primata, savana, reptil dan aquarium, dll, kalian juga bisa lho ngeraba-raba hewan secara langsung. Eits tapi jangan yang di kandang lo raba, tar lo kena pasal pelecehan seksual. Maksud gue meraba-raba hewan itu di wahana animal farm. Jadi di animal farm itu lo bisa ngasih makan hewan secara langsung dengan naik kereta yang ditarik traktor, trus nanti lo dibawa masuk ke kawasan yang hewan nya bebas keliaran. Jangan lupa sebelum naik kereta nya, lo beli dulu paketan makanan hewan nya seharga Rp. 10.000 per cup. Ya, itu bentuknya cup pop ice gitu, trus isi nya potongan wortel. Malah sambil antri nunggu kereta datang, itu wortel malah abis gue cemilin jadi gue beli lagi. Lo percaya?? Buset jangan lah, itu gue bercanda. emangnya gue kelinci?? Saran gue, beli 2 cup deh. Ga rugi, percaya deh. Toh juga buat hewan disana, jadinya kan lo juga ikut melestarikan hewan disana.

Baca juga : Menikmati Wahana Malam Di Batu Night Spectacular

Begitu gerbang kawasan pertama dari rute animal farm dibuka, gue ga tega liat hewan disana. Pas kereta masuk, semua hewan yang tadinya sibuk bengong mikir masa depan, ada yang pusing harga saham turun terus, ada yang lagi nyari strategi buat nembak si dia, dll langsung berbondong-bondong nyamper kereta. Mereka paham kayaknya kalo kereta datang itu artinya makanan datang. Lo bisa pegang-pegang tuh hewan, malah ada hewan yang iseng jilat-jilat badan. Jangan lupa lo kasih wortel, tapi jangan langsung diabisin di awal karena masih banyak spot hewan lain sepanjang rute kereta. Kasian nanti yang spot terakhir kalo wortel nya dah abis di spot-spot awal.

Nah di penghujung rute, ada zona untuk bersantai seperti aneka tempat makan, jajan dan arena bermain untuk anak-anak maupun dewasa seperti rumah hantu, VR rides, trus apalah itu namanya yg naik trus diputer-puter itu macem di dufan. Yah gue setidaknya nyobain wahana rumah hantu, meskipun begitu masuk, jalan sekitar 15 meter, trus memutuskan untuk keluar lagi. Sampe ditanya sama mbak-mbak petugas yang standby di pintu masuk rumah hantu “Loh mas kok keluar lagi?”  dan gue jawab dengan mantap “iyah mbak, ada yang ketinggalan. Nyali saya ketinggalan dirumah”.

VR Rides Secret Zoo Jatim Park 2
Tegang amat mas??
Horror House Secret Zoo Jatim Park 2
Kuntilanaknya kabur dari Horror House

Secara keseluruhan, seru juga jalan-jalan ke kebun binatang di Secret Zoo. Hewan nya unik-unik, dan juga meskipun kawasannya luas, pengunjung ga akan dibuat bingung karena cukup mengikuti jalan setapak yang sudah mengcover semua area. Di setiap sudut banyak tempat duduk untuk sekedar istirahat, dan juga ada beberapa stand makanan untuk jajan buat yang laper.Setelah gue keluar dari area secret zoo, rute selanjutnya yang gue kunjungi yaitu Museum Satwa.Cuma berhubung curhat gue udah kepanjangan, kayaknya nanti bakalan gue tulis di post terpisah.Buat temen-temen yang punya pengalaman berkunjung ke kebun binatang yang unik, boleh dong share di kolom komentar.

18 comments found

  1. Menurut survey search Google Oktober kemarin, Malang menduduki rangking 3 yang sebagai destinasi wisata yang paling sering di search di Google. Aku pikir Jatim Park II ini pasti penyumbang terbanyak untuk point Malang. Begitu lengkap atraksi di dalam. Mulai dari anak-anak sampai dewasa dapat menikmatinya

    1. Bener banget mbak Evi, sekarang malang banyak destinasi wisata, terlebih di kota Batu nya juga udah jauh berkembang. Mau wisata keluarga banyak, mau wisata alam juga banyak.

  2. Penulisan artikelnya lucu banget. Pas baca ngerasa rame banget dah hahaha. Saya ke Jatim Park waktu tahun 2016 (kalo ga salah). Pas masuk animal farm, anak kecil depan saya isengin LIama. Wortelnnya dikasih ga dikasih ga. Trus LIamanya marah ludahin anaknya. Sedih tapi ngakak juga hahaha.

    1. Ahahaha padahal cerita sedih tp lucu diludahin llama hahaha. Lagian bocah iseng bener. Setidaknya dia bisa pamer karena jarang orang yang diludahin llama hahaha.

  3. Akhirnya update juga *halah* hahaha.

    Ngakak parah karena pertama saya juga mikir itu ada kelinci laut? Benarkah? Bakal viralkan di medsos … eh … pas baca tulisan setelah foto, ealaaaahhh trik kaca ternyata, LOL! Kocaaak.

    Btw itu mirip banget ya King Juliennya :p

    Perjalanannya asyik ya ke Jatim Park 2 ini, jagi pengen. Dan jadi salfok sama kakak ceweknya. Cantik euy! Fotogenik pula qiqiqi.

    1. Ahahaha.. Kalo inget kemaren aku sempet lama mikir depan akuarium, apa bener itu kelinci laut, kok bentuknya sama,trus kok hidung nya gerak-gerak kayak napas di dalam air tanpa insang dll. Eh pas nyadar ternyata trik kaca berasa dibegoin manajemen hahaha. Mungkin besok pas mbak Tuteh kesana, udah jadi kambing laut kali hahaha.

      1. Ahahaha kalau udah jadi kambing laut, itu saya bakal viralkan duluan baru teliti biar manajemen dikejar sama pertanyaan wartawan wakakakak 😀

  4. Main kesini tuh lumayan gempor jalannya tapi seru. Apalagi bawa krucils. Eh tapi asyik juga ya nih tulisan. Menulis dari sudut yang berbeda yang biasa ditulis. Kok bisa ya kepikiran nulis hewan – hewan unik disana. Biasanya kalau nulis kan cuma cerita jalan -jalannya aja.

    1. Emang recommended banget bawa krucil mbaknung.. Di secret zoo edukasi nya bagus banget, apalagi krucil pasti seneng hahaha. Alhamdulilah mbaknung, kebetulan aja aku suka sama uniknya hewan disana, makanya mungkin agak lebih ditonjolkan hehe.

    1. Hahaha iya aku juga malah ga mampir ke jatim park yang 1 sama 3.masih banyak juga disana yang belum dijelajah. Malah jadi ada alasan kan buat balik ke malang lagi hehe

  5. bbrp waktu lalu kesini bawa rombongan Travel Malang Jember. Taman wisata edukasi untuk lebih mengenalkan dan mendekatkan anak pada dunia fauna, untuk hiburan juga tidak kalah keren..lengkap loh.. dari playground untuk balita hingga rollercoaster. Dari jalan2 mengenal hewan jinak hingga memberi makan harimau dan singa juga bisa..Kolam renang juga luas, jajanan relatif murah, pusat oleh2 juga lengkap. Worth it banget untuk tiket masuk segitu..

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.