Museum Angkut Malang, Museum Untuk Pecinta Mobil Klasik

Museum Angkut Malang, Museum Untuk Pecinta Mobil Klasik

Di postingan sebelumnya, gue udah cerita tentang wisata di Kota Batu Jawa Timur, yaitu wahana Batu Night Spectacular yang seru banget buat have fun sama temen atau pacar atau selingkuhan atau siapalah itu. Di tulisan gue kali ini, gue masih bahas tentang destinasi wisata di Kota Batu, Malang, yaitu tentang Museum Angkut Movie Star. Museum yang terletak di Jl. Terusan Sultan Agung, Ngaglik, Kec. Batu Kota Batu, Jawa Timur ini memiliki luas area sekitar 4 hektar. Harga tiket masuk Museum Angkut agak lumayan untuk ukuran museum, yaitu Rp. 100.000/manusia plus kalo bawa kamera bayar lagi Rp. 30.000/kamera, tapi harganya cocok banget kok sama sensasi dan pengalaman yang lo dapet didalem museum nanti. Untuk kamera HP dan kamera tablet gratis, jadi ga perlu bayar lagi. Buat yang dateng ga bawa cash, tenang aja ga perlu resah dan gundah, di sebelah pintu masuk museum ada atm kok. Selain itu di loket juga bisa debit tapi cuma ada mesin EDC BCA doang jadi buat kartu selain BCA, mending ambil duit dulu di ATM.

Begitu masuk museum, mata disuguhkan dengan aneka mobil klasik aneka model, warna dan penataan nya rapih banget. Staff museum angkut juga tersebar didalem dan bener-bener helpfull banget buat di tanya-tanyain arah, jadwal show, sama dimintain nomer hape (kagalah, biji! Lo mau liat kendaraan antik atau mau cari jodoh??). Bahkan waktu gue lagi ribet setting kamera dll trus bini (seperti biasa) ngajakin selfie dengan background mobil antik, tiba-tiba ada staff mbak2 dateng nyamperin buat nyatakan cinta, maksudnya buat menawarkan mau bantu fotoin. Wow tanpa disuruh aja doi inisiatif. Cocok banget buat jadi istri kedua idaman. Dipojokan lantai 1 deket tangga, ada spot toyota kijang dan lo bisa liat evolusi mobil kijang dari jaman ke jaman, evolusi bentuk stir kijang dari jaman Kijang doyok sampe Innova, dan ada kijang Innova dibelah jadi 2 trus kliatan interior dan mesin nya dari tampak samping. Buset itu yang belah siapa ya? Iseng amat mending buat gue aja sini.

Lanjut ke lantai 2, tempatnya agak sumpek dan banyak manusianya (karena tempatnya ga seluas lantai 1). Di lantai 2 itu isinya ada becak, dokar, sama ada juga diorama kapal tempatnya nya Jek sama Ros waktu ngebokep dulu. Yak betoolll kapal titanic, lengkap sama ada backsound ost nya titanic. Sedih gue bawaan nya mampir ke situ. Akhirnya gue cabut ke outdoor di lantai 2 dan gue ga lama disitu karena udaranya PANAS TERIK dan emang isinya cuma playground bocah untuk mainan skuter, sama ada juga beberapa pesawat jet dan jeep tempur ala militer dan akhirnya gue langsung ke lantai 3 melewati tangga di bagian outdoor.

Begitu sampai lantai 3 disebuah sudut, gue melihat ada antrian panjang bener, antrian penuh manusia berjejer rapi sesuai dengan pagar antrian khas di wahana permainan. “Ada apaan tuh? Wah jangan-jangan bagi-bagi minyak tanah” pikir gue. Karena penasaran, tanpa pikir panjang akhirnya gue ikut ngantri aja sambil bawa dirijen kosong buat nampung minyak tanah. Pas gue antri itu, disana ada petugas yang jaga, dan kebetulan gue penasaran ini antrian apaan

“Bang, ini antrian minyak tanah atau bagi-bagi daging kurban?” Tanya gue.

“Oh bukan dua-dua nya mas. Ini antrian mau masuk pesawat kepresidenan” Jawab si petugas Museum Angkut.

“Wuiihh keren. Ada Pak Jokowi nya ga di dalem?” Tanya gue lagi dengan penuh antusias.

“Kaga ada lah pe’a, ini cuma replika aja” Jawab si petugasnya dengan leher yang mulai tampak ber-urat.

Pantesan antriannya panjang, ternyata mau naik ke replika pesawat presiden indonesia. Emang sih gue juga penasaran kayak apa sih pesawat kepresidenan itu, gue pikir cuma ada di Amerika doang kayak yang gue liat di tipi-tipi, ternyata Indonesia juga punya. Walau kecewa gagal dapet minyak tanah, setidaknya gue bisa ngerasain naik pesawat presiden tanpa gue harus capek-capek nyalonin diri jadi capres tahun 2039. Dalemnya mewah cuy, Bagian belakang pesawat tempat duduknya kayak pesawat kelas bussiness, seat 2-2 besar dengan TV kecil di masing-masing seat, yang membedakan cuma di bagian tengah pesawat, ada ruang makan mewah dengan 4 kursi lengkap dengan alat makan di atas meja dan di sudut ada sebuah mini bar lengkap dengan gelas mewah dan botol minuman entahlah minuman apa itu, yang jelas bukan ale-ale. Didalam pesawat ada staff cewe yang pake baju pramugari ala angkatan udara, cakep lho, buat yg jomblo sapa tau jodoh tuh sama mbaknya. Jadi pengunjung didalam dikasih waktu untuk foto-foto bergantian di ruang makan lalu exit dari bagian depan pesawat.

Dari lantai 3 gue turun lagi ke lantai 2 buat lanjut ke rute selanjutnya yaitu BATAVIA. Ternyata dibelakang ruangan F1 yang ada replika mobil F1 Ferrari Michael Schumacher (nama susah amat sih) ada lorong lagi menuju area outdoor dengan setting replika kota batavia jaman dulu, lengkap sama becak, mobil, beserta kursi dan meja yang terpajang rapi di depan bangunan-bangunan tua khas batavia di bagian tepi kiri & kanan jalan. Selain itu juga ada bangunan khas tionghoa, dan ada juga gerobak jualan sate dan rokok. Perfect lah buat singgah sebentar untuk foto-foto disini.

Lanjut jalan lagi menyusuri jalanan kota batavia, gue dibawa masuk menuju ke dalam gudang batavia, isinya mobil-mobil antik dengan aneka warna dan model, diparkir rapi berjejer didalam. Njirr keren-keren banget lah. Sayang nya dipagerin jadi ga bisa grepe-grepe mobilnya. Disitu gue sempet foto-foto bentar trus lanjut menyusuri jalan menuju ke area selanjutnya. GANGSTER TOWN, area paling favorit buat foto-foto. kalau mau foto disini agak tricky biar dapet foto bagus, karena manusia nya banyak banget dan emang disini kayaknya adalah spot utama di Museum Angkut, rasanya belum ke museum angkut kalau belum foto disini. Ga enak kan kalo pas lagi foto disini trus hasilnya ada background manusia lagi selfie-selfie manja.

Gangster town itu replika kota jaman gangster ala film Godfather gitu lah. Komplit sama mobil antiknya yang diparkir didepan bangunan-bangunan era gangster, diantaranya ada hotel, bioskop Broadway, kantor polisi, kantor pemadam kebakaran, yang masing-masing bangunan bisa lo masukin buat foto-foto di indoor bangunan. Banyak banget spot foto disini, dan buat lo yang pengen prewedding disini gue jamin bakalan bagus banget, asal photographer nya kudu jago biar background nya dapet soalnya disini itu rame dan ga mungkin kan lo usir-usir in orang buat foto doang. Oh ya di gangster town ini suka ada show yang terjadwal setiap jam setengah 5, maupun show yang dadakan. show dadakan yang gue maksud itu kayak waktu gue lagi memandangi ABG Malang yang sibuk selfie disini, tiba-tiba ada mobil gangster lewat dan ada sepasang cewek-cowok berpakaian ala gangster duduk di kap bagian depan, lengkap sama senjatanya dan bawa properti koper. Mobil mereka diparkir miring melintang di tengah jalan, lalu mereka berdua turun dan mempersilahkan buat yang mau foto bareng. Wuih langsung deh tuh manusia pada ngerubungin udah kayak laler buat foto bareng.

Gangster town di Museum Angkut
Yang kiri laki, yang kanan laki, yang tengah jangan-jangan juga laki. Hmmm…

kayak yang gue bilang di paragraf sebelumnya, jangan lupa jam setengah 5 sore juga di depan panggung gangster town ada atraksi, staff yang pada pake baju cosplay superman, supergirl batman, robin, vendetta, spidergirl, harley quinn, iron man, robocop, pada joget disini diiringi alunan musik dari DJ yang ada di panggung. Show ini adalah atraksi utama dari Museum Angkut. Ada sesi foto bareng nya juga lho, pokoknya jangan dilewatkan lah. (SPOILER ALERT : waktu kunjungan gue ke Museum Angkut, pas atraksi utama di gangster town yang jadi harley quinn nya ternyata cowok. WATDEFAK PANTESAN AJA MUKANYA KOTAK KAYAK YANG DI PEREMPATAN JALAN!!).

Lanjut menyusuri jalan ke rute selanjutnya, pengunjung akan dibawa masuk ke area bertema itali, perancis, jerman, london, dan las vegas. Lengkap dengan bangunan, mobil dan motor khas masing-masing negara tersebut. Banyak sudut spot foto khas negara masing-masing juga yang dilengkapi dengan properti foto, kayak misalnya restoran pizza lengkap dengan staff yg berpakaian ala pelayan itali beserta meja yang menyajikan aneka makanan Itali, beerhouse khas Jerman lengkap dengan staff yang berpakaian bartender (bir nya ga bisa lo minum, itu cuma buat properti foto aja), dan telepon umum box khas negara London.

Oh ya di area London, lo bisa nemuin bangunan mewah yang ternyata replika buckingham palace. Bangunan besar yang emang mirip sama Buckingham Palace dan ada kebun bunga di depannya. Lo bisa masuk kedalem istana, isinya ada beberapa mobil khas london, ada arena main anak berbentuk bus double decker london, dan ada kereta mini buat mainan anak yang menyusuri istana buckingham. Dipojokan ada replika kursi kerajaan lengkap sama ratu Elisabeth KW buat foto-foto disitu.

Exit route nya ada di lorong yang di desain kayak interior kereta dan lantai nya itu bisa goyang-goyang jadi berasa ada di kereta yang lagi jalan. Oh ya pas lo udah exit dari museum, jangan lupa mampir ke Indonesian heritage museum. Disini lo bisa nemuin berbagai macam tentang kebudayaan indonesia kayak batik, wayang golek, senjata daerah, dan ada topeng-topeng yang dipajang cantik di dalem etalase. Lo bisa juga belanja ngabisin duit beli batik, parfum, topi dll. Di area sini juga lo bisa naik kapal dayung nyusurin sungai yang ngelilingin bangunan heritage Indonesia. Buat yang perutnya suka laperan mulu, di area sini juga banyak yang jual makanan bermacam-macam. 

Kayaknya udah kepanjangan gue cerita, kebanyakan gambar juga. Sebenernya foto masih ada lebih banyak lagi, cuma yah ga apalah sebagian besar gue tampilin aja disini biar bisa ada gambaran kayak apa sih di Museum Angkut itu. Yang gue suka dari Museum angkut itu lo ga perlu bingung menyusuri tempat-tempatnya, karena kalo lo ikutin jalur utama nanti urut kok lokasinya sampe di ujung nanti ada pintu keluarnya, gampang diikutin pokoknya. Museum disini juga ga kayak museum yang lain, barang-barang antik di pajang di etalase, tapi disini selain lo bisa liat aneka mobil-mobil klasik, motor klasik, bangunan jadul, bisa foto-foto dengan tema negara tertentu, trus juga lo dapet hiburan dari show-show yang ada. Buat para pecinta mobil klasik (kayak gue) pasti tiap sudut keluar kata-kata “anjiirrr ini mobil blablabla”. So, adakah penggemar kendaraan klasik selain gue?

442 Views

45 comments found

  1. wih, mantul pisan mas!
    kakak gue pasti suka banget diajak mampir ke museum angkut, isinya mobil2 klasik semua >.<
    dan gue suka sekali sama tone colour di foto mu mas, keren!

    1. Kakak lo doyan mobil klasik li? Wah keren.. Ajak ke museum angkut, dijamin betah hahaha.. Wah makasii, iya itu edit tone nya pengen ke arah vintage gitu lah, jadul bener gue ya hahaha

      1. nyoi, suka koleksi diecast juga wkwkwk padahal umurnya udah 30 tahunan cuy haha
        terbaik, suka ngedit pake apa toh mas?
        iya, jadul kaya orangnya :p
        *tiba2 komen gue di remark as spam wkwkwk

        1. Wah setidaknya doi punya hobi, gue seneng liat orang punya hobi, sedangkan hobi gue blom tau apaan. Hahaha. Gue kalo ngedit agak aneh li, pertama masuk lightroom dulu, abis itu finishing dikit di vsco. Hahaha. 2x kerja, soalnya belum nguasain banget fitur-fitur lightroom hehe.

          1. haha bener juga toh mas. etapi ini nulis bukan hobi lu juga kah mas? *kepobetinianak
            oh gitu, pantesan hasilnya mantul mas.
            keren sih kata gue, emng 1 app aja gak cukup haha
            mantap mantap, lanjutkan nak!

    1. Alhamdulilah, kirain kepanjangan artikel nya hahaha. Enak ke Malang, adem nya bikin betah disana. Jangan lupa bawa jaket mbak dee, kalo cuaca lagi gerimis dingin nya bisa berlipat-lipat hahaha.

  2. Laaaah …, looh kita hampir bersamaan waktu posting artikel Museum Angkut
    Jangan-jangan …. kita ketemu disana …, tapi ngga ngeh satu sama lain

    Keren banget ya Museum Angkut …, pantesan dapat gelar sebagai museum terbaik di tahun 2017 lalu.

    1. Laahh gue juga baru liat mas Hino hahaha.. Asli kocak banget. Ini sebenernya gue tulis tanggal 20, cuma kelamaan duduk jadinya pantat keram, makanya dilanjutin besoknya. Kalo pantat ga keram, tanggal posting nya samaan. Hahaha

      1. Wuakakkaakakaka …, aku ngakak baca balasan komentarmu …, kelamaan duduk pantat jadi keram. Dipijitin atuuuh …
        Aku juga ngakak baca keterangan foto-foto diatas, dalam hati bilang ‘ apa bini kamu ngga marah tuh caption fotonya ditulisin kayak gitu ? ‘
        Bisa aja siih kamu …. hahahaaha !.

        Coba ya dulu kita ketemu di Museum Angkut, pasti kita ngakak-ngakak bareng di Gangster Town lihat entertainment show …
        Saat itu ikutan ngedance bareng figur superhero ngga, mas ?

        1. Iyah ngeliat spiderman jogetnya rada feminine gaya nya. Hahaha. Ga ikutan joget mas hino, malu.. Takut disangka kesurupan pas joget Hahaha. Kemaren itu sempet suka liat staff cewe pake baju supergirl.. Imut luar biasa, bilang bini ijin mau foto bareng, tapi malu jadinya dengkul lemes. Hahaha

          1. Hahahaha …, lagi sama bini masiih aja kesengsem si Supergirl …, untung ngga jadi foto bareng, bisa-bisa bini jadi manyun minta maksa minjem staff kostum Supergirlnya buat gantiin perannya

            Kalo aku ikutan ngedance, mas …, meski gayanya acak-acakan .. hahahaha

  3. dulu pas ke sini pas awal pembukaan
    belum banyak sih koleksinya
    sekarang ada miniatur pesawat
    tapi emang worth it klo ke sini
    sebanding lah sama harganya
    aku paling suka yang gangster town
    suka aja bisa foto di suasana gitu
    gak perlu nunggu sepi karena natural aja

    1. Wah dulu kayak apa yah? Masih dikit mungkin yah mobilnya? Iya mas Ikrom, gangster town emang paling cakep buat foto-foto. Terlebih disana outdoor, jadi pencahayaan nya alami.

    1. Iya soalnya outdoor pencahayaan nya alami.. Jek sama ros ga punya mobil mas Dilan, dia kemana-mana naik kapal. Hahaha. Ga ada replikanya sayangnya. Udah capek-capek ngintip di jendela titanik, eh ga ada jek sama ros..kalo kesini, ajak Milea makanya ahahaha

    1. Emang dulu berapa harganya? Mungkin itu 100rb harga hari libur makanya ikut harga weekend. Iya emang, kalo bank lain suka kena charge. Mudah-mudahan nanti bisa debit semua bank.

  4. Suka banget sih sama tempat ini, setiap ke Malang pasti gak pernah absen buat kunjungin hehehhe. Terlebih kalau buat hunting foto, ini surga sih.

    1. Betuuull mbak Ainun.. Sebenernya kalo ngomongin mahal atau ga sih relatif, tapi menurutku sih worth lah yah. Kebetulan emang lagi cari spot foto juga sih buat nambah-nambah koleksi hehe

  5. Satu kata untuk Museum Angkut … Kereeennn. Kombinasi antara museum dan tempat rekreasi yang menyenangkan. Antara seni dan hiburan menjadi satu. Anda bisa belajar tentang sejarah alat alat transportasi yang digunakan oleh manusia dari jaman dahulu sampai sekarang. Dari Gerobak sampai Mercedez, dari pesawat capung hingga boeing, dari kebudayaan Asia sampai Eropa, Dari Bollywood hingga Hollywood semua komplit disini.

    Sekali lagi two thumbs up. Apapun citarasa seni anda, museum ini layak untuk masuk bucket list travelling anda

    1. Aahh iya bener juga.. Bisa buat boongin temen naik first class hahaha. Emang bagus banget sih interior pesawat presiden nya, jadi pengen calonin jadi presiden hahaha.
      Salam kenal juga mas Danang, salam buat mas darto.

    1. Antri tiket atau antri foto nih? Wah kalo begitu rame banget malah nanti foto-foto background nya orang yah.. Hahaha. Pas baru launching apa koleksinya sebanyak yang sekarang mbak Nung?

  6. Sbnrnya ga terlalu ngerti mobil sih, tapi aku dijamin suka kalo liat aneka mobil dan atraksi di sana :p. Pantesan yaaa kata temenku ga cukup sehari sbnrnya kalo mau kesana, apalagi niatnya 1 mobil 1 foto hahahahaha..

    Thn depan semoga bisa ke malang :D. Anak2ku dijamin heboh kalo liat mobil2 gini

    1. Amiiinnn amiiinn aku doain kesampaian ke malang trus mampir ke museum angkut. Dijamin Mbak Fanny puas foto-foto, suami puas liat-liat mobil, anak juga puas lari-lari an. Hahaha. Banyak wahana juga kok buat anak kecil, semacam wahana VR begitu lah.

  7. tempat untuk yang layak untuk dikunjungi meskipun anda bukan penggemar otomotif. minimal bisa menikmati berbagai suasana dan tema dengan spot foto yang menarik. paling berkesan buat saya dapat menikmati pesawat kepresiden meskipun hanya berupa replika. juga ada berbagai jenis angkutan disini. paling bagus menikmati suasananya diatas jam 3 sore karena lightingnya terlihat indah

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.